Kelas sekolah kami dirancang dengan suasana yang nyaman dan penuh inspirasi, memberikan anak-anak ruang untuk belajar, berkreasi, dan berkembang sesuai dengan potensi mereka.
Kurikulum TKIT Az Zahra disusun dengan mengusung nilai – nilai Islami sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik. Nilai – nilai karkter yang dikembangkan antara lain : kepemimpinan, jujur, kreativitas. Penerapan nilai – nilai dilakukan melalui pembiasaaan rutin yang diterapkan selama anak berada disekolah.
Dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan partisipatif, TKIT Az Zahra menerapkan model pembelajaran sentra, dimana kelompok anak dalam satu hari bermain dalam satu sentra yang didalamnya berisi berbagai aktifitas sebagai pemenuhan densitas main. Sentra yang disiapkan adalah sentra imtaq ( Agama ), sentra balok, sentra seni, sentra persiapan dan sentra bermain peran. Untuk anak dengan kelompok usia 4 -6 tahun bermain di sentra persiapan sebanyak 2 kali dalam seminggu dengan tujuan membantu kematangan keaksaraan anak.
Kompetensi dari perkembangan kognitif : mengembangkan sebuah pengertian tentang konsep, berat dan area (membawa balok dan menggunakan balok – balok dalam konstruksi), Mengklasifikasikan dan menyusun objek dan ukuran, bentuk dan fungsi (menempatkan balok – balok dalam ukuran yang sama), Membuat kegunaan prinsip – prinsip fisikal (mengembangkan berat, stabilitas, persamaan, keseimbangan dan kekuatan untuk mengungkit), Memprediksikan penyebab dan efek persahabatan (melihat seberapa tinggi mereka dapat membangun mereka sebelum balok-balok itu jatuh), Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan konstruksi (membuat jembatan atau langkah – langkah membuat rumah), Mengorganisasikan dalam sebuah baris (membuat balok dari rendah ke tinggi dan menghitung dengan benar)
Sentra agama merupakan pembelajaran berbagai kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT. Dalam sentra ini anak melakukan kegiatan bermain mengenal agama Islam. Seperti pengenalan Rukun Islam, anak diajak bermain sambil menghafal rukun Islam, nyanyian dan tepuk rukun Islam.
kompetensi untuk perekembangan Sosial – Emosional : Berinteraksi satu sama lain (mengambil peran dan berakting), Mengekspresikan individualitas dan kreativitas (mengembangkan tema permainan berdasarkan rujukan dan pengalaman individual), latihan kerjasama dengan yang lain ( saling menukar dan berbagi material) melalui permainan, Menunjukan sebuah pemahaman dari dugaan dan sikap sosial bagi yang lain (bermain dramatisasi, peran dokter, supir, pilot, polisi, pedagang, dll), Mengatisipasi bagaimana harus bertingkah dalam situasi baru (mengembangkan kemampuan berimajinasi ), Mengendalikan ketakutan dan kecemasan ( mencoba peran dan memainkan).
kompetensi untuk perekembangan Sosial – Emosional: Mengekspresikan perasaan (memilih warna terang untuk lukisan agar sesuai mood), Menumbuhkan kreativitas seperti menggambar labu yang beda dengan warna dan orisinil, Menumbuhkan rasa percaya diri (contohnya mendisplay hasil karya anak), Berbagi dan bekerja sama dengan sesama teman ( contoh bekerja sama dalam membuat lukisan dinding, finger painting.dll). Kompetensi untuk perkembangan kognitif: Mengembangkan kreatifitas (memadukan materi dan tekstur), Membentuk pemahaman tentang sebab – akibat (observasi apa yang terjadi saat cat biru dicampur dengan warna kuning), Memecahkan masalah, Membuat kemampuan merencanakan (menentukan warna apa yang didahulukan). Kompetensi untuk perkembangan fisik: Membentuk otot kecil (mewarnai dengan spidol), Menyempurnakan koordinasi mata dan tangan, Belajar arah ( melukis lingkaran dengan 1x sapuan kuas)
Kecedrasan Bahasa : Merangsang kemampuan anak untuk mendengar dan berkomunikasi dengan baik (berbicara dengan lafal yang benar dan jelas), Melatih keterampilan bertanya, menyampaikan pendapat serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan, Memupuk minat baca anak dengan menyenangi buku dan mendorong keinginan anak untuk mengenal huruf, suku kata dan kalimat sebagai persiapan membaca permulaan, Melatih kemampuan menulis dengan latihan memegang alat gambar dan tulis dengan benar, serta dirangdang untuk menulis secara sederhana apa yang dilihat dan dialaminya, Pengenalan Konsep dasar Matematika/berhitung pemulaan seperti lambang bilangan, bentuk geomtrik, ukuran, ruang dan waktu.
Kata orang tua alumni kami, sekolah ini telah memberikan fondasi yang kuat bagi anak-anak mereka, dengan pengajaran berkualitas dan lingkungan yang mendukung, yang membentuk karakter dan kemampuan mereka hingga sukses di jenjang pendidikan selanjutnya.
"Alhamdulillah, kedua anak saya adalah alumni dari Az Zahra..sekolah nya nyaman, mengajarkan ilmu agama, akademis, dan keterampilan secara seimbang.. guru2 nya juga sangat baik dan bersahabat.."
Azzahra adalah rumah ke 2 buat anak-anak saya. Suasana sekolah yang sangat menyenangkan & nyaman, mulai dari guru & teman-teman. Saya merasa mereka keluarga karena sudah mendidik, membina & menjaga anak-anak dengan sangat baik di sekolah. Guru-guru Azzahra bukan hanya mengajar secara akademik, namun juga mengajarkan anak-anak tentang kehidupan berakhlak baik kepada orangtua dan sesama, tidak ada batasan guru, siswa & orang tua, mereka satu ikatan silaturahmi & saling mendukung untuk memberikan yang terbaik buat anak... Ini sekolah TK terbaik..
Terima kasih Ibu Guru Azzahra
"Alhamdulillah selama anak saya bersekolah di TKIT Az Zahra banyak sekali perkembangannya mulai dari kemandiriannya, percayadirinya, dan selama di sekolah anak saya terasa nyaman sekali itu yang terpenting bagi saya dalam memilih sekolah ini..Selain itu, Hubungan antara murid, guru dan orang tua sangat hangat, erat dan akrab..serta sangat menjunjung tinggi sifat kekeluargaan dan saling merangkul dalam belajar dan berdiskusi."